fbpx

Penyebab dan 11 Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebasea pada kulit terlalu banyak dalam menghasilkan sebum. Sebum sendiri merupakan minyak alami yang bertugas untuk melapisi kulit dan rambut. Namun pada kondisi tertentu, produksi sebum yang berlebih dapat membuat kulit menjadi berminyak dan justru mendatangkan banyak masalah kulit lainnya.

Masalah kulit yang berminyak menjadi perhatian serius bagi penderitanya. Kondisi ini memegang andil dalam menimbulkan munculnya masalah kulit lainnya. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai cara mengatasi, penyebab, dan tanda dari kondisi. Jadi, jangan beranjak dan simak ulasan berikut hingga selesai, ya!

Penyebab dan Tanda Kulit Berminyak

Pangkal utama masalah kulit berminyak adalah produksi sebum yang berlebih. Sebenarnya, sebum bermanfaat untuk memberi kelembapan dan melindungi kulit. Namun jika produksi sebum berlebih, maka dapat menyebabkan minyak berlebih pada kulit. Sehingga kotoran akan lebih mudah menempel dan pada akhirnya dapat menyumbat pori.

Hal inilah yang akan mencetuskan masalah kulit lainnya seperti jerawat. Tak hanya itu, pada umumnya sel kulit mati pada pemilik kulit yang berminyak itu sulit luruh atau lepas dengan sendirinya. Akhirnya, sel kulit mati menumpuk pada wajah dan dapat menyumbat pori.

Selain pada wajah, biasanya pemilik kulit yang berminyak juga mengalami minyak berlebih pada bagian tubuh lainnya, seperti punggung dan kulit kepala.

Ada pun beberapa tanda yang umumnya ada atau dialami pada pemilik kulit yang berminyak, antara lain:

  • Kulit wajah akan terlihat lengket, basah dan mengkilap.
  • Pori-pori besar dan sangat jelas terlihat pada kulit wajah.
  • Wajah mudah berjawat dan ditumbuhi oleh komedo.
  • Rambut terlihat lepek karena kulit kepala yang berminyak.

11 Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Pada sebagian besar orang, masalah kulit berminyak sangat sulit untuk diatasi dan dapat menguras banyak waktu dan biaya. Namun, jangan berkecil hati dulu. Apabila kamu mengalami kondisi ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kadar minyak pada kulit.

Berikut 10 cara mengatasi kulit yang berminyak yang telah kami rangkum dari berbagai jurnal:

1. Rutin Membersihkan Wajah

Kondisi kulit yang berminyak mewajibkan kamu untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Salah satunya adalah dengan rutin membersihkannya. Sangat dianjurkan untuk membersihkan wajah minimal 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan petang atau setelah beraktivitas.

Kamu juga boleh menambah frekuensi mencuci muka apabila dirasa kulit wajah sedang dalam kondisi yang sangat kotor. Namun yang perlu diperhatikan adalah mengenai pemilihan produk pembersih wajah. Membersihkan wajah pada kulit yang memiliki minyak berlebih memang sangat penting, tetapi harus dilakukan menggunakan produk yang tepat.

Gunakanlah produk pembersih wajah dengan kandungan bahan yang lembut, memiliki pH seimbang, dan tidak mengandung deterjen. Hal ini supaya dapat membantu membersihkan dan mengurangi produksi sebum pada kulit.

2. Gunakan Skincare yang Mengandung Salicylic Acid

Pada kulit yang berminyak, kotoran dan sel kulit mati akan menumpuk dan menyumbat pori. Untuk membersihkannya pun tak mempan dengan hanya mencuci muka saja. Oleh karenanya, jika kamu memiliki kulit berminyak, maka perlu melakukan eksfoliasi atau pengangkatan kotoran dan sel kulit mati minimal seminggu sekali.

Dalam langkah ini, kamu dapat menggunakan eksfoliator dengan kandungan Salicylic Acid yang terkenal ampuh dalam mengangkat kotoran, sel kulit mati dan minyak berlebih.

3. Stop Konsumsi Alkohol

Seseorang yang gemar mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan minyak berlebih pada kulit wajah, apalagi jika sudah masuk ke tahap kronis. Pasalnya, konsumsi alkohol berlebih dalam jangka waktu yang panjang dapat merusak pembuluh darah. 

Konsumsi alkohol akan membuat pembuluh darah dan kelenjar sebasea melebar yang mengakibatkan membesarnya pori-pori kulit. Oleh karenanya, jika kamu mengalami masalah kulit yang berminyak, maka harus membatasi atau menghentikan konsumsi alkohol.

4. Rutin Menggunakan Moisturizer

Sebagian besar orang berpikir bahwa penggunaan moisturizer atau pelembap dapat meningkatkan kadar minyak pada wajah dan menyumbat pori. Padahal, jika kamu menggunakan pelembab yang tepat, produk ini justru dapat membantu kulit tetap terhidrasi dan mengurangi produksi minyak berlebih karena dehidrasi kulit.

5. Gunakan Pelembap Jenis Non Comedogenic 

Khusus untuk pemilik jenis kulit berminyak, sangat dianjurkan untuk menggunakan jenis pelembap yang berbeda pada siang dan malam. Dimana pada pelembap yang digunakan di malam hari diformulasikan secara khusus untuk membantu perbaikan jaringan wajah.

Selain itu, gunakan juga pelembap yang berjenis non comedogenic, yaitu pelembap yang diformulasikan khusus untuk mencegah penyumbatan pori dan jerawat.

6. Gunakan Skincare dengan Kandungan Green Tea

Green tea kaya akan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat merawat berbagai jenis kulit, termasuk kulit yang berminyak. Bahkan, pada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 ditemukan bahwa kandungan polifenol pada green tea dapat mengurangi pelepasan sebum.

Oleh karenanya, sangat baik bagi kamu untuk menggunakan skincare dengan kandungan green tea sekitar 3%, seperti pada toner, pelembap, atau facial wash.

7. Mengubah Pola Makan

Pola makan kaum urban yang cenderung menyukai junk food turut berperan dalam mencetuskan masalah kulit yang berminyak. Pasalnya, makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti ini dapat menyebabkan peradangan, meningkatkan produksi sebum, serta gula darah.

Untuk itu, jika ingin mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit, maka kamu juga harus memperbaiki pola makan dengan mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah seperti:

  • Sayur segar.
  • Buah segar.
  • Kacang-kacangan.
  • Biji gandum utuh

8. Menggunakan Skincare dengan Kandungan Niacinamide

Bagi pemilik jenis kulit yang berminyak, sangat dianjurkan untuk menggunakan skincare dengan kandungan Niacinamide di dalamnya. Pasalnya pada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017, Niacinamide diketahui berperan aktif dalam mengurangi produksi sebum dan kadar minyak pada permukaan wajah.

Bahkan, pada penelitian yang dilakukan pada 100 orang, ditemukan hasil penurunan kadar sebum yang signifikan dengan penggunaan produk topikal dengan kandungan Niacinamide sebanyak 2% dalam 2-4 Minggu.

9. Hati-hati dalam Menggunakan Make Up

Jika kamu memiliki masalah minyak berlebih pada kulit dan harus tampil full make up selama seharian, maka kamu perlu memperhatikan produk kosmetik yang digunakan. Pilihlah produk dengan label oil free atau bebas minyak dan produk mineral/water based untuk mencegah tersumbatnya pori-pori.

10. Hapus Sisa Make Up Sebelum Tidur

Sesibuk apa pun kamu, jangan pernah melewatkan membersihkan make up sebelum tidur. Pasalnya, hal ini tidak dilakukan, maka akan berdampak buruk bagi jenis kulit apapun, terutama kulit berminyak. 

Bersihkanlah wajah terlebih dahulu menggunakan cleanser yang lembut dengan pH seimbang, sehingga kulit wajah kamu bersih sempurna.

11. Menggunakan Masker Wajah Alami

Meski penelitian untuk hal ini masih terbatas, tetapi sejak dulu penggunaan masker wajah alami dipercaya dapat mengatasi kulit yang berminyak. Ada beberapa bahan alami yang diklaim efektif dalam mengurangi kadar minyak berlebih yaitu clay atau tanah liat, khususnya tanah liat hijau dan peterseli.

Masalah minyak berlebih pada kulit memang menjadi masalah utama pada sebagian besar orang. Untuk itu, kamu bisa mencoba beberapa cara di atas untuk membantu mengurangi produksi dan kadar minyak pada kulit. Sehingga masalah kulit lainnya akan lebih mudah untuk dihindari.

Untuk mengatasi masalah kulit berminyak, kamu bisa menggunakan rangkaian skincare dari FAVBEAUTY secara rutin. Kandungan bahan-bahan alaminya dipercaya ampuh dalam mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Sehingga kulit wajah kamu akan terlihat bersih, sehat, dan glowing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart