fbpx

Manfaat Putih Telur bagi Kecantikan Kulit Wajah

Telur merupakan salah satu bahan pangan yang berasal dari unggas. Bahan makanan ini memiliki sumber protein dan zat gizi yang tinggi. Tak hanya bisa dikonsumsi, ternyata telur juga bisa dijadikan sebagai skincare alami, yaitu masker putih telur.

Dalam satu butir telur, terdiri dari kuning dan putih telur. Putih telur merupakan protein yang mengandung kalium dan natrium yang baik untuk kesehatan. Protein adalah zat yang bekerja untuk memperbaiki jaringan dan sel-sel yang rusak. 

Oleh sebab itu, putih telur sangat cocok digunakan sebagai produk perawatan kulit. Dengan menggunakan masker putih telur, maka sel-sel mati pada wajah akan terangkat dan tergantikan dengan sel yang baru. Selain itu, juga membuat kulit wajah lebih sehat dan terawat.

Walaupun belum ada bukti penelitian mengenai manfaat putih telur untuk kulit, tetapi masker alami ini terbukti mampu melembapkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, dan mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Manfaat Masker Putih Telur untuk Kesehatan Kulit Wajah

Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, tentunya membutuhkan perawatan maksimal agar kulit tetap sehat. Pasalnya, kulit wajah yang tidak dirawat dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti belang, berminyak, berjerawat, komedo, bahkan sampai muncul noda hitam.

Masker putih telur bisa menjadi alternatif perawatan kulit alami yang murah dan mudah. Meskipun memiliki aroma amis yang menyengat, tetapi putih telur memiliki berbagai manfaat yang tidak kalah dengan produk masker di luaran sana. 

Adapun beberapa manfaat putih telur, antara lain:

1. Melembapkan Kulit

Kulit yang memiliki tingkat kelembapan rendah, mengakibatkan wajah menjadi kering. Untuk itu, kandungan protein yang tinggi pada telur sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Selain itu, putih telur mengandung vitamin E yang juga berkhasiat untuk melembapkan kulit.

Dengan menggunakan putih telur sebagai masker, kulit akan terjaga kelembapannya dan menjadi glowing.  Kulit wajah yang lembap juga dapat menunda penuaan dini, dimana hal ini merupakan momok menakutkan bagi kaum wanita.

2. Mencerahkan Kulit

Putih telur juga diklaim memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mampu menutrisi dan mencerahkan kulit wajah sekaligus.  Maka dari itu, masker putih telur ini dianggap mampu mencegah kulit menjadi gelap. 

Kulit yang sering terkena paparan sinar UV, seringkali membuat warna kulit yang berbeda di setiap sisinya. Sehingga warna kulit menjadi tidak merata. Supaya mendapatkan kulit yang cerah, pastikan juga kulit selalu terhidrasi dengan baik.

3. Mengontrol Minyak Berlebih pada Kulit

Selain itu, putih telur juga dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah. Kulit wajah dengan pori-pori yang terbuka, tentu saja sangat mengganggu penampilan, bukan? Tentunya, hal ini juga membuat minyak pada wajah menjadi terlihat jelas.

Nah, kandungan protein albumin pada putih telur inilah yang mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Protein albumin bekerja untuk menyempitkan pembuluh darah di bawah permukaan. Sehingga membuat pori-pori mengecil, melancarkan aliran darah, dan mengencangkan kulit.

Cara Membuat Masker Putih Telur

Wajah yang cantik dilihat dari sehat tidaknya kulit. Kulit yang memiliki permasalahan seperti pori-pori terbuka, berjerawat, kulit berminyak, dan kulit kering menandakan kesehatan kulit terganggu. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kulit. Salah satunya dengan melakukan perawatan kulit secara alami. Kamu bisa mencoba menggunakan masker alami ini untuk menjaga kesehatan kulit dan mengatasi masalah kulit.

Tak hanya berasal dari bahan alami, putih telur juga sangat mudah didapatkan karena beredar luas di pasaran dengan harga terjangkau. Hal ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang takut mencoba produk skincare yang belum tentu cocok di kulit wajah kamu.

Saat ini, sudah banyak sekali blog kecantikan yang memuat berbagai resep perawatan kulit dari bahan alami, termasuk masker putih telur. Biasanya, dibutuhkan satu telur dalam sekali pakai. Putih telur juga dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnya untuk membuat masker wajah. 

Dengan tekstur yang cair, putih telur sangat mudah untuk diaplikasikan pada kulit wajah kamu. Berikut cara membuat dan mengaplikasikan masker putih telur sesuai dengan jenis kulit kamu:

1. Kulit Wajah Berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak, kamu bisa mengkombinasikan putih telur dengan perasan lemon sebagai bahan antibakterial. Kamu bisa menggunakan masker ini secara rutin sebanyak maksimal tiga kali dalam seminggu.

Cara membuatnya sangatlah mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Tambahkan satu putih telur dan setengah potong lemon yang sudah diperas ke dalam mangkuk.
  • Aduk dan kocok kedua bahan tersebut hingga tercampur rata dan terlihat berbusa.
  • Kemudian, cuci muka dengan air hangat.
  • Oleskan tipis-tipis pada wajah menggunakan kuas masker.
  • Hindari olesan masker mengenai area mata.
  • Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Kulit Wajah Kombinasi

Selain kulit berminyak, masker alami ini juga bermanfaat bagi kulit kombinasi untuk menutrisi dan mengencangkan kulit wajah. Tak hanya putih telur, kamu juga perlu menyiapkan air lemon dan madu sebagai bahan campurannya.

Berikut cara membuat masker putih telur dengan mudah:

  • Kocok putih telur hingga berbusa.
  • Kemudian, campurkan 1 sdt air jeruk lemon dan 1 sdt madu.
  • Cuci muka dengan air hangat.
  • Oleskan masker ke kulit wajah dengan menggunakan kuas.
  • Biarkan menyerap selama 15 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat.
  • Apabila dalam pengaplikasian masker terasa perih, maka segera hapus masker tersebut.

Risiko Penggunaan Masker Putih Telur

Meski masker putih telur sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah, tetapi masker ini memiliki risiko untuk sebagian orang. Pasalnya, putih telur dapat membawa risiko reaksi alergi. Alergi  adalah reaksi atas kondisi kekebalan tubuh yang merespon adanya zat berbahaya di dalam tubuh. 

Akibat yang timbul dari kondisi ini adalah munculnya ruam-ruam pada kulit, hidung tersumbat, hingga sesak napas. Dengan adanya reaksi seperti ini, penderita alergi telur tidak dianjurkan untuk menggunakannya.

Sebelum kamu mengoleskan putih telur ke kulit wajah, sebaiknya lakukan tes percobaan terlebih dahulu. Tes ini dilakukan dengan cara mengoleskan putih telur ke punggung tangan, di bawah dagu, atau di belakang telinga.

Tunggu sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air. Kemudian, periksalah area tersebut, apakah ada efek kemerahan, bengkak, gatal, atau tanda reaksi alergi lainnya.

Bagaimana? Apakah kamu penasaran ingin segera mencobanya? Namun, harap bersabar apabila belum terlihat hasilnya. Pasalnya, putih telur merupakan bahan alami yang tidak dapat bekerja secara instan. Perhatikan juga, apabila semakin menimbulkan masalah pada kulit, hentikan pemakaian dan segera konsultasikan ke dokter.

Apabila kamu merasa kerepotan dalam membuat masker ini, cobalah produk skincare FAV Beauty Brightening Mask yang juga memiliki manfaat seperti putih telur. Produk ini mengandung Aloe Yohjyu Matsu Ekisu yang berfungsi membunuh jamur dan bakteri, serta menghambat reproduksi patogen.

Ada juga kandungan Leontopodium Alpinum Extract (Edelewis) yang dapat menghilangkan kerutan pada kulit. Selain itu, mengandung Lignan yang bermanfaat untuk menenangkan kulit secara alami.

Tak lupa, ada Niacinamide yang memiliki antioksidan dan vitamin B3 yang dapat membantu kulit memproduksi NAD+ lebih banyak untuk memperbaiki kerusakan sel. 

Perlu kamu ketahui, bahwa Produk FAV Beauty Brightening Mask ini sudah terdaftar BPOM dan halal MUI, lho. Selain itu, juga memberikan hasil yang cepat, cocok untuk semua jenis kulit, dan sudah dibuktikan oleh banyak pengguna. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart