fbpx

Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Kulit Wajah

Salah satu masalah kulit yang kerap dialami, terutama oleh penduduk di negara dengan iklim tropis adalah flek hitam. Dimana masalah kulit ini dapat mengganggu penampilan. Tentunya, para wanita pun semakin gencar mencari cara menghilangkan flek hitam yang ampuh.

Biasanya, munculnya flek hitam disebabkan karena seiring pertambahan usia, perubahan gaya hidup, cuaca yang ekstrem, serta lingkungan yang semakin dipenuhi oleh polutan. Yuk, kenalan lebih jauh dengan flek hitam dan cari tahu cara mengatasinya pada ulasan berikut ini!

Sebelum Mengetahui Cara Menghilangkan Flek Hitam, Yuk Kenalan Dulu dengan Flek Hitam!

Flek hitam adalah bercak yang muncul pada permukaan kulit dan terlihat seperti noda berwarna lebih gelap dibandingkan dengan warna kulit di area sekitarnya. Biasanya, flek hitam bisa berwarna hitam atau cokelat. 

Pada umumnya flek hitam sering muncul pada area wajah. Namun, flek hitam juga bisa muncul di area kulit pada bagian tubuh lainnya seperti tangan, kaki, dada, dan punggung. Hal ini seringkali membuat banyak sekali wanita merasa kebingungan mencari cara menghilangkan flek hitam yang tepat.

Flek hitam juga sering disebut dengan istilah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi terjadi saat sel melanosit memproduksi melanin terlalu banyak di kulit. Melanin sendiri merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit, mata, dan rambut.

Semakin banyak paparan sinar matahari pada kulit, maka semakin banyak pula produksi melanin yang bertujuan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Pasalnya,  pigmen yang berwarna gelap akan meminimalisir risiko lebih lanjut dari paparan sinar matahari.

Sejatinya, flek hitam dapat dimiliki oleh siapa saja tanpa mengenal warna kulit. Namun, terdapat beberapa individu yang memiliki risiko lebih tinggi atau lebih rentan memiliki flek hitam seperti pada orang yang memiliki kulit dan rambut berwarna terang, memasuki usia paruh baya, atau sering terpapar oleh sinar matahari secara langsung.

Ciri-ciri Flek Hitam pada Kulit Wajah

Sebelum mengetahui cara menghilangkan flek hitam, sebaiknya kamu sudah mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Supaya dapat memastikan apakah benar-benar ada flek hitam di kulit wajah kamu atau tidak, sehingga kamu bisa melakukan penanganan yang tepat.

Setiap orang memiliki warna flek hitam yang berbeda-beda, tergantung juga pada tone kulit orang tersebut. Flek hitam ada yang berwarna hitam, coklat gelap, atau bahkan coklat terang.

Persamaan flek hitam pada satu orang dengan yang lainnya terletak pada teksturnya. Perlu diketahui bahwa flek hitam yang disebabkan oleh hiperpigmentasi memiliki ciri-ciri tidak teraba atau tidak menonjol saat disentuh. Selain itu, juga tidak akan menimbulkan rasa sakit.

Dilihat dari segi ukuran dan bentuknya, flek hitam di wajah juga sangat bervariasi. Biasanya, bercak flek hitam berbentuk oval dan datar dengan panjang garis tengah sekitar 13 milimeter. Pada umumnya, bercak flek hitam juga muncul secara berkelompok dalam jumlah yang banyak. Sehingga lebih mudah terlihat karena warnanya berbeda dengan area kulit yang ada di sekitarnya.

Penyebab Terjadinya Flek Hitam pada Kulit Wajah

Terdapat beragam faktor yang dapat menyebabkan munculnya flek hitam pada kulit wajah. Nah, faktor yang paling utama adalah radiasi atau paparan sinar UV dari sinar matahari. Ternyata, efek dari paparan sinar matahari tidak langsung nampak pada saat itu juga, lho.

Misalkan, seseorang saat berusia belia sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan apa pun. Flek hitam tidak akan muncul walaupun saat itu sering terpapar sinar matahari. Namun, saat dia menginjak usia paruh baya atau sekitar 45-65 tahun, barulah flek hitam bermunculan sebagai konsekuensi paparan sinar matahari dalam jangka panjang.

Paparan sinar matahari memang memegang andil yang cukup besar dalam menyebabkan munculnya flek hitam pada wajah. Namun ternyata, ada faktor lain yang bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam yaitu paparan cahaya dari gadget.

Gadget seperti smartphone, tablet, ataupun komputer diketahui memancarkan sinar biru yang juga dapat merangsang produksi melanin berlebih pada kulit wajah. Hal inilah yang flek hitam tak dapat terhindarkan. Nah, jika sudah mengetahui penyebab munculnya flek hitam, maka kamu akan lebih mudah melakukan cara menghilangkan flek hitam yang tepat.

Selain radiasi sinar, terdapat juga beberapa penyebab flek hitam pada kulit wajah yaitu:

  • Perubahan warna kulit yang terjadi setelah peradangan akibat jerawat, ruam, atau garukan.
  • Melasma, yang biasa terjadi pada perempuan dan disebabkan oleh perubahan hormon.
  • Riehl melanosis, yaitu peradangan kulit akibat paparan bahan kimia atau fisik.
  • Efek samping penggunaan obat-obatan tertentu yang berdampak pada sensitivitas kulit terhadap paparan sinar matahari, contohnya estrogen, amiodarone (obat jantung), dan tetrasiklin (antibiotik).
  • Iritasi kulit akibat menggunakan produk skincare atau kosmetik yang tidak tepat.
  • Bekas luka seperti bekas gigitan serangga dan lain sebagainya.
  • Faktor genetik seperti orang berkulit cerah dan memiliki rambut pirang atau merah.

Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Kulit Wajah

Pada kondisi yang normal, sebenarnya flek hitam tidak perlu dihilangkan karena memang hal ini lumrah terjadi. Namun jika jumlahnya banyak, tentu hal ini dapat mengganggu penampilan, bukan? Hal ini membuat banyak wanita berusaha menghilangkannya untuk alasan kenyamanan dan estetika. 

Jika kamu salah satu yang merasa risih dengan adanya flek hitam pada kulit wajah, berikut beberapa cara menghilangkan flek hitam pada wajah yang bisa kamu coba:

1. Perawatan Laser

Cara menghilangkan flek hitam yang cepat dan ampuh adalah dengan metode laser. Kamu bisa mendapatkan treatment ini di klinik kecantikan dengan pilihan laser yang beragam. Cara kerja metode ini terkenal ampuh untuk membasmi flek hitam. Dimana laser akan ditujukan langsung ke flek hitam atau melanin untuk memecah bercak gelap yang ada pada wajah.

Namun, treatment ini memang memiliki harga yang cukup mahal dengan hasil yang sebanding. Untuk biayanya sendiri, tentu tergantung juga pada seberapa banyak flek hitam yang ada pada kulit wajah kamu.

2. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan sebuah prosedur yang dilakukan dengan menggunakan alat khusus untuk menghilangkan lapisan luar kulit. Sehingga nantinya akan terjadi pertumbuhan kolagen baru yang akan menggantikan kulit yang mengandung melanin atau flek hitam.

3. Pengelupasan Kimia (Chemical Peeling)

Pengelupasan Kimia atau Chemical Peeling pada mekanismenya hampir mirip dengan mikrodermabrasi. Hanya saja, pada metode ini yang digunakan untuk pengelupasan permukaan kulit adalah bahan kimia khusus seperti glycolic acid dan trichloroacetic acid.

4. Krioterapi

Cara menghilangkan flek hitam dengan prosedur krioterapi menggunakan nitrogen cair yang diaplikasikan pada flek hitam. Sehingga, nantinya bagian flek hitam akan membeku dan membuat sel kulit mati terlepas. Hal inilah yang akan membentuk sel kulit baru.

5. Krim Pencerah Kulit

Jika kamu mencari cara yang bisa diterapkan di rumah dengan biaya yang relatif terjangkau dibandingkan dengan beberapa treatment di atas, maka kamu bisa mencoba menghilangkan flek hitam menggunakan krim pencerah kulit. Penggunaan krim ini bersifat menyamarkan, sehingga kamu harus sabar dan konsisten dalam menggunakan kirim ini.

6. Masker Bahan Alami

Beberapa bahan alami juga dipercaya dapat membantu menyamarkan flek hitam sekaligus mencerahkan wajah, lho. Bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan antara lain lidah buaya, tomat, pepaya, cuka apel dan yoghurt.  Kamu bisa menggunakan salah satu dari kelima bahan tersebut untuk membuat masker wajah alami supaya memudarkan flek hitam pada kulit wajah. 

Kenapa Flek Hitam di Wajah Tambah Banyak?

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa seiring berjalannya waktu, flek hitam di wajah bertambah banyak. Jawabannya adalah karena dampak paparan sinar UV yang berkelanjutan seiring bertambahnya usiamu. Terlebih jika kamu tidak berusaha melakukan upaya pencegahan maupun penanganan terhadap flek hitam yang muncul.

Cara Mencegah Munculnya Flek Hitam

Tak perlu menunggu muncul flek hitam untuk melakukan perawatan kulit wajah. Selain mencari tahu cara menghilangkan flek hitam, kamu perlu melakukan beberapa upaya pencegahan berikut untuk meminimalisir munculnya flek hitam:

  • Membatasi kegiatan di luar rumah saat matahari sedang bersinar terik yaitu sekitar pada pukul 09.00-14.00.
  • Menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan SPF 30-50 sebelum beraktivitas di luar rumah.
  • Memakai topi atau masker untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari.
  • Melakukan perawatan wajah secara berkala untuk menjaga kesehatan kulit dan membuang sel kulit mati.
  • Membatasi penggunaan gadget.
  • Menerapkan gaya hidup sehat.

Demikian informasi lengkap seputar flek hitam yang bisa kami hadirkan untuk kamu. Meskipun umum terjadi dan tidak berbahaya, kamu dapat menerapkan beberapa cara menghilangkan flek hitam di atas untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih bersih dan sehat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan rangkaian produk skincare dari FAV Beauty untuk mencegah tanda penuaan seperti flek hitam, garis halus, dan kerutan. Tak perlu khawatir, semua produk FAV Beauty mengandung bahan-bahan alami yang aman dan halal, serta telah bersertifikasi BPOM, lho.

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi website FAV Beauty supaya tak ketinggalan artikel menarik lainnya. Dan jangan lupa juga untuk follow @favbeauty di Instagram, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart