Whatsapp Icon

Beberapa Mitos Jerawat pada Wajah yang Beredar di Masyarakat

Jerawat adalah sebuah permasalahan kulit yang mempengaruhi setiap orang dalam kehidupannya. Ketika kamu merasakan adanya jerawat yang muncul di wajah, pasti ingin sekali menghilangkan secepatnya, bukan? Lalu, tahukah kamu ada berbagai mitos jerawat yang beredar di masyarakat?

Salah satu penyebab jerawat adalah pengaruh dari penggunaan produk skincare. Selain itu, perubahan hormonal dan konsumsi obat – obatan, serta faktor kesehatan organ manusia. Hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah semua yang kamu makan berpengaruh pada kondisi kulit dan wajah, lho!

Mitos Jerawat yang Perlu Kamu Ketahui

Fun fact, ternyata ada berbagai mitos jerawat yang sudah beredar luas di masyarakat, lho. Parahnya, banyak orang yang mempercayainya. Padahal, itu hanya mitos belaka. Untuk itu, ku perlu mengetahui beberapa mitos tentang jerawat supaya tidak mudah percaya, antara lain:

1. Orang yang Sudah Berumur Tidak Lagi Keluar Jerawat

Orang yang sudah berumur tidak akan berjerawat lagi? Hmm, hal ini merupakan mitos jerawat yang ada pada masyarakat dan tentunya tidak benar. Jerawat bisa muncul pada semua orang dengan berbagai usia dan golongan apapun. Walaupun faktanya, jerawat memang sering terjadi kepada para remaja. Namun, jerawat tetap bisa terjadi pada usia berapapun. 

Penyebab utamanya masih sama, yaitu tersumbatnya rambut yang akan tumbuh ke atas dan bercampur dengan minyak, debu dan kotoran. Hal inilah yang menyebabkan munculnya bintik warna merah. Untuk itu, kamu perlu menjaga kesehatan kulit wajah agar jerawat tidak muncul. 

2. Terlalu Memikirkan Seseorang Bisa Memunculkan Jerawat

Hati yang berbunga – bunga saat  sedang jatuh cinta, terkadang dikaitkan dengan jerawat pada wajah. Wah jerawatku muncul, mungkin karena aku banyak mikirin dia kali, ya? Eits, tunggu dulu! Itu sama sekali tidak benar.

Munculnya jerawat pada wajah karena kamu sedang memikirkan seseorang merupakan sebuah mitos belaka. Masalah hati tidak ada kaitannya sama sekali dengan kulit wajah kamu, lho!

Kemungkinan besar, munculnya jerawat disebabkan karena penumpukan hormon ketika masa pubertas sedang berjalan. Selain itu, mungkin juga bisa dikarenakan kamu kurang memperhatikan kebersihan kulit wajah, karena perhatian kamu hanya fokus ke doi saja. 

3. Jerawat Bisa Sembuh dengan Sendirinya Jika Dibiarkan

Umumnya, jerawat yang muncul pada wajah memang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, tidak semua terjadi seperti demikian. Mitos jerawat bisa sembuh dengan sendirinya adalah hal yang perlu diperhatikan secara seksama. Pasalnya, hal ini tidak bisa berlaku bagi sebagian orang lain.

Setiap orang mempunyai sensitivitas kulit yang berbeda – beda. Selain itu, hal ini juga bisa dikaitkan dengan penyakit yang diderita seseorang. Kondisi penyakit seseorang juga terkadang menyebabkan jerawat pada wajah. Sebaiknya, segera hubungi dokter agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Terkadang, jerawat bisa muncul disaat kamu memasuki usia dewasa. Sebaiknya, kamu juga harus segera konsultasi dengan dokter spesialis kulit, jika jerawat tersebut tidak segera hilang. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan supaya jerawat tidak merajalela.

4. Jenis Makanan yang Manis dan Berminyak dapat Mendatangkan Jerawat

Berkaitan dengan makanan yang kita konsumsi, banyak pihak yang mekaini bahwa hal ini adalah fakta. Namun, berdasarkan penelitian yang terkait dengan hal tersebut, menemukan bahwa hasilnya berbeda.

Salah satu makanan yang sering dikaitkan dengan jerawat adalah coklat. Kandungan karbohidrat, minyak dan gula yang cukup tinggi pada coklat dianggap dapat menimbulkan jerawat. Ternyata, hal ini merupakan mitos yang terjadi pada masyarakat. Mengonsumsi makanan apapun yang tidak berlebihan, maka tidak akan berpengaruh kepada tubuh, termasuk jerawat

5. Memecahkan Jerawat merupakan Jalan Pintas untuk Menghilangkan Bintik Merah

Mitos jerawat lainnya adalah memencet jerawat yang matang berwarna kuning bisa membuat lebih cepat sembuh. Fakta sebenarnya adalah akan terjadi peradangan pada kulit yang terdapat jerawat tersebut. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka akan menyebabkan bopeng pada kulit wajah kamu.

Gunakan alat yang steril dan tangan yang bersih supaya tidak terjadi infeksi dan peradangan pada kulit wajah. Atau kamu juga bisa mempercayakan hal ini pada ahlinya. Jangan sampai memencet jerawat jika tidak mengetahui teknik yang benar. Pasalnya, hali bisa membahayakan kesehatan kulit wajah kamu.

Bekas jerawat yang kamu pecahkan tidak bisa hilang begitu saja. Kamu tetap perlu melakukan perawatan khusus untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah kamu. Perawatan yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan scrub.

Caranya yaitu dengan mengoleskannya pada bekas jerawat pada kulit wajah. Dengan begitu, kulit yang ada bekas jerawatnya akan mengelupas dengan sendirinya dalam beberapa waktu. Jangan lakukan hal ini sendiri di rumah. Pastikan kamu sudah konsultasi dengan dokter ahli di klinik langganan kamu, ya!

Rahasia Menjaga Kulit Wajah Supaya Terhindar dari Jerawat

Setelah mengetahui tentang mitos jerawat di atas, tentunya kamu tidak boleh mudah percaya lagi dengan informasi yang beredar di masyarakat. Pastikan kamu mendapatkan informasi yang valid dari sumber terpercaya.

Merawat kulit wajah tak perlu menunggu datangnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Kamu bisa mulai merawat kulit untuk terhindar dari hal-hall tersebut. Berikut beberapa rahasia menjaga kulit wajah supaya terlihat sehat dan terawat:

1. Menggunakan Sunscreen

Pastikan kamu menggunakan produk skincare yang cocok dengan kulit wajah. Jangan lupa juga gunakan sunscreen di siang hari, agar debu dan sinar UV tidak terlalu mempengaruhi kondisi kulit wajahmu. Pastikan kulitmu terlindungi produk skincare supaya tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jika tidak, maka kemungkinan jerawat muncul cukup tinggi.

2. Menggunakan Serum

Salah satu hal yang bisa mencegah agar jerawat tidak muncul lagi adalah dengan menggunakan serum. Jenis produk skincare ini cukup mudah untuk digunakan. Kamu cukup mengoleskannya ke bagian wajah dan meratakan dengan jari. 

Gunakan serum setiap dua hari sekali. Setiap kali menggunakan produk serum, tunggu beberapa saat supaya kandungan mineral pada serum dapat menyerap dengan baik ke dalam kulit wajah.

3. Menggunakan Pelembap

Ada produk skincare lain yang juga perlu dimiliki untuk menghilangkan jerawat yaitu pelembap wajah. Jenis skincare ini sangat penting untuk wajah yang seringkali terasa kering. Kulit wajah yang kering dapat menimbulkan jerawat. Jika tidak dilakukan perawatan dengan baik menggunakan pelembap, maka debu dan kotoran dapat menyebabkan jerawat pada kulit wajah.

4. Menggunakan Toner

Kamu juga perlu menggunakan toner supaya membuat pori – pori lebih mengecil dan menghilangkan noda dan debu yang menempel pada wajah. Selain itu, juga bermanfaat untuk menjaga pH kulit yang stabil dan tidak mengalami penurunan dan kelebihan stok.

Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan beberapa produk FAV Beauty, seperti Brightening Toner yang mengandung Ascorbic Acid (Vitamin C), dimana nutrisinya dapat mempercantik, memperbaiki, dan melindungi kulit.

Selain itu, ada juga kandungan Rose Extract yang dapat mengurangi bekas jerawat, merangsang kulit untuk memproduksi kolagen, serta Vitamin A nya dapat meratakan dan mencerahkan warna kulit. 

Sedangkan kandungan Dipotassium Glycyrrhizate dapat bermanfaat untuk mengurangi iritasi kulit. Ada juga  Ergothioneine yang dapat mengurangi efek kerusakan dari terpapar sinar matahari, asam amino dan antioksidannya yang banyak membantu mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. 

Produk FAV Beauty Brightening Toner ini sangat aman digunakan untuk segala jenis kulit tanpa takut iritasi, termasuk untuk kulit sensitif. Tak perlu diragukan lagi, produk kami sudah teruji oleh BPOM dan terbukti membuat kulit lebih cerah. Jadi kamu tak perlu ragu lagi untuk mencoba produk ini, tunggu apalagi? Segera dapatkan manfaatnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart